Tips Memilih Nama Domain yang Tepat dan Anti Mainstream

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

Sebuah blog atau situs yang besar tak terlepas dengan peran nama domain yang dipilih oleh foundernya saat pertama kali membangun blog tersebut. Nama domain ibarat nama, identitas, sekaligus alamat kita sendiri yang harus dipikirkan matang-matang sebelum mulai tumbuh dan berkembang. Begitu pula nama domain yang akan kita gunakan sebagai identitas situs kita di dunia maya. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan beberapa tips memilih domain yang tepat dan anti mainstream untuk blog.


1. Tinggalkan konsep keyword on domain
Beberapa dari kita mungkin akan berfikir bahwa keyword on domain akan sangat membantu dalam persaingan ketat meraih peringkat di mesin pencari. Tapi, faktanya ? coba kalian buka mata kalian lebar-lebar. Banyak situs atau website terkenal bahkan sama sekali tidak menyisipkan keyword pada nama domain mereka. Sebut saja facebook, twitter, youtube, sugeng.id, jalantikus, dellenpedia dsb. Apakah kalian mendeteksi adanya keyword terselip dalam nama domain tersebut ?

Mereka lebih menekankan pada nama yang brandable dibanding mengedepankan KOD. Domain seperti ini sangat cocok buat kalian yang menginginkan nama domain yang mudah diingat oleh para pengunjung.

Memang tidak semua KOD jelek. Contohnya seperti viral4real, tribunnews, dsb. Tapi jika diperhatikan domain-domain tersebut tidak murni menggunakan keyword untuk nama domainnya, seperti contoh : ‘tokokapalpesiarmurah’. Jika diperhatikan nama domain mereka masih brandable, dan tidak memaksakan semua keyword yang dibidik untuk dijejalkan pada nama domainnya.

2. Hindari domain gratisan
Banyak situs penyedia domain berekstensi .tk, .ga, .ml, .cf, dll secara gratis di internet. Namun tahukah kalian jika domain gratis tersebut, sebenarnya tidak benar-benar gratis seperti yang dijanjikan. Beberapa kasus sering terjadi, tiba-tiba domain-domain gratis berekstensi seperti diatas rawan lepas tanpa diketahui sebabnya.
Selain itu, domain gratis sering dipakai untuk kegiatan-kegiatan yang dilarang seperti spamming, pishing, dll.

3. Hindari domain trademark
Seperti namanya, trademark berarti merk dagang. Contohnya adalah google.com, youtube.com, twitter.com, dll. Jangan sampai kalian nekat mencatut nama domain-domain seperti diatas, misalnya membuat situs konten video seperti youtube, lalu kalian beri nama mbakyoutube.com. Jika kalian nekat melakukan hal tersebut, jangan kaget kalau suatu saat ada surat atau pemberitahuan bahwa kalian telah melanggar ketentuan, bahkan bisa-bisa kalian akan dituntut denda sebesar ratusan juta rupiah.

4. Unik itu berkesan
Sama seperti poin pertama. Nama domain unik juga sangat berpengaruh untuk memberikan kesan kepada pengunjung. Perhatikan baik-baik domain yang akan kalian gunakan, jangan sampai mirip sekali dengan domain yang sudah ada.

5. Jangan terpengaruh trend musiman
Seperti kita tahu beberapa tahun yang lalu, Indonesia dihebohkan dengan sosok seorang anak kecil yang disebut-sebut mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan batu yang katanya berasa dari langit. Batu tersebut ia dapatkan setelah tersambar petir.

Melihat fenomena tersebut begitu booming dan menjadi viral, jangan sampai kalian kepincut untuk menggunakannya sebagai nama domain kalian, misal ‘jualbatuponari’. Tentu nama domain yang seperti sangat tidak disarankan untuk kalian pasang di blog kalian. selain absurd banget, domain-domain yang terpengaruh dengan trend yang sedan panas saat itu, tentu tidak akan bertahan lama. Seiring meredupnya trend tersebut, perlahan-lahan statistik kunjungan blog juga akan menyusut.

Nah, itulah tadi 5 tips memilih nama domain yang tepat dan antimainstream untuk blog yang bisa kami bagikan untuk kalian. Meskipun terlihat sepele, peranan nama domain sangatlah berpengaruh bagi kelangsungan blog kalian.

0 Response to "Tips Memilih Nama Domain yang Tepat dan Anti Mainstream"

Posting Komentar